Samarinda — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Barat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Pelayanan Publik dan Public Speaking pada Jumat (5/12/2025), di Hotel Grand Verona Samarinda.
Kegiatan ini digelar sebagai upaya memperkuat kompetensi peserta dalam memberikan layanan publik sesuai standar, khususnya dalam pengelolaan pengaduan masyarakat.
Hadir sebagai narasumber, Mardiasih, Pranata Humas Ahli Pertama dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Timur, yang membawakan materi terkait pemanfaatan dan optimalisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-Lapor!).
Dalam sesi pemaparannya, Mardiasih menekankan pentingnya peran Kesbangpol dalam memastikan setiap aduan masyarakat dikelola secara cepat, transparan, dan akuntabel.
Saat diwawancarai, Asih (sapaan akrab) menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Kesbangpol Kubar yang secara khusus meminta pelaksanaan Bimtek tersebut.
“Kesbangpol Kubar ini khusus untuk meminta Bimtek terkait SP4N-Lapor!. Saya mengapresiasi dan ini merupakan peningkatan untuk pengelolaan pengaduan,” ujarnya.
Lebih lanjut, ia berharap kegiatan ini dapat memberikan dampak nyata bagi peningkatan kualitas layanan aparatur.
“Harapannya peserta dapat memperoleh peningkatan kapasitas terkait pengelolaan pengaduan dan nantinya dapat memberikan pelayanan pengaduan yang baik kepada masyarakat,” tambahnya.
Pelaksanaan kegiatan ini turut didukung oleh EO Teman Kita Production. Dengan terselenggaranya Bimtek ini, diharapkan aparatur Kesbangpol Kutai Barat semakin siap memberikan pelayanan publik yang lebih profesional dan berorientasi pada kebutuhan masyarakat. (Hmd/dfa)